Breaking News

Friday, October 21, 2016

Nikmat dan Khasiat Kopi Ijo Tulungagung


kopi



Kopi Ijo adalah frasa kunci untuk menjelaskan tradisi minum kopi di Tulungagung. Silakan coba tanya ke sembarang orang ihwal kopi apa yang unik di kota ini, jawabnya nyaris selalu Kopi Ijo. Yang paling terkenal yaitu : Kopi Ijo Ala Mak Waris Sampai ke Malaysia di kutip dari Tribun
Kopi Ijo tersedia di banyak warung kopi kelas tepi jalan sampai kedai yang berani menyebut diri sebagai kafe.

Kopi Ijo memang berwarna kehijau-hijauan jika air kopi dituang di lepek (piring kecil). Ia disukai banyak orang. Lalu, siapa yang bikin dan bagaimana cara bikinnya?

Cara seduh di warung kopi ini hanya satu cara: kopi tubruk. Jadi, kopi dan gula atau susu dimasukkan gelas atau cangkir, lalu ditubruk air panas. Segelas Rp 1.500, secangkir Rp 1.000.

Menurut situs Wikipedia Kopi hijau (green coffee bean extract) mengarah pada kopi yang dihasilkan dari biji kopi muda yang belum dipanggang. Penanaman biji kopi sudah terjadi sejak 1100 M di kawasan Arab di Laut Merah. Pada masa itu, pemanggangan belum diterapkan sehingga biji kopi langsung diseduh untuk menciptakan minuman yang mirip teh. Biji hijau masih dipakai dalam berbagai bentuk kopi Arab tradisional. Banyak yang telah menggunakan kopi hijau untuk diet diantaranya di Malaysia, di Bandung.

Pada salah satu ulasan dalam penayangan Dr. Oz di tahun 2012, dikatakan bahwa Biji Kopi Hijau (Green Coffee Bean) memiliki kandungan chlorogenic acid hingga setidaknya 3 kali lipat dari biji kopi yang telah dipanggang.

Meminum ekstrak biji kopi mentah setiap hari, beberapa kali sehari,dapat menjaga metabolisme tubuh berjalan lancar dan membantu sistem Anda dalam menyingkirkan setiap lemak ekstra yang menumpuk dalam tubuh Anda. Tapi pastikan kopi yang Anda dapatkan adalah 100% murni. Ada banyak penipuan di pasar yang menjual kopi hijau atau green coffee yang ternyata adalah daun teh Jepang. Oleh karena itu untuk mencegah masalah yang akan timbul di kemudian hari, pastikan bahwa Anda memesan biji green coffee dari perusahaan yang terkenal karena menjual biji kopi terlengkap atau memiliki review pelanggan yang bagus. Kami biasanya menyarankan ke beberapa tempat, misalnya China Express, Kopi Printing atau yang most recommended adalah Kopi Distributor 1995. Dan juga ada satu hal lagi yaitu pastikan Anda membuat perbandingan semua perusahaan serta harga mereka, sehingga Anda terus mendapatkan yang terbaik untuk uang Anda.
http://bacakuliner.blogspot.co.id/2016/10/nikmat-dan-khasiat-kopi-ijo-tulungagung.html


Kopi hijau memiliki khasiat dan manfaat yang begitu besar bagi orang yang sedang ingin menurunkan berat badan, selain itu anda bagi anda yang sensitive terhadap kafein anda tidak perlu khawatir karena kopi hijau aman di konsumsi bagi orang yang sensitive dengan kafein. Tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, kandungan kopi hijau ini memiliki manfaat yang begitu besar secara menyeluruh untuk tubuh anda. Menurut sebuah penelitian yang telah di lakukan, ektrak kopi hijau mampu untuk menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan dengan kopi hijau secara alami memang cukup efektif sehingga anda dapat menggunakan cara ini. Kopi hijau juga memiliki kandungan asam kloragenat. Asam klorogenat merupakan jenis antiokidan yang alami dan dapat melawan radikal bebas, dengan begitu anda tidak akan mengalami penuaan dini.

Diet dengan kopi hijau (Green Coffee) sangat menyenangkan, yang paling menyenangkan anda tidak perlu diet, olahraga atau bahkan menahan lapar. Inilah yang paling menarik dan membuat kopi hijau mulai di gemari untuk menurunkan berat badan. Apabila anda ingin membeli kopi hiaju pastikan telah terdaftar di dinas kesehatan. Cara menurunkan berat badan tanpa diet dengan kopi hijau secara alami sangat menyenangkan dan sangat patut untuk anda coba.

Baca juga info kuliner di Baca Kuliner :
Cara Memproses Mengolah Kopi Hijau

Cara membuat kopi hijau sendiri green coffee bean extract secara tradisional dengan mudah dan praktis dan cara mengolah kopi hijau agar bermanfaat serbaguna. Proses pembuatan kopi hijau diproses dan diolah dengan cara di-roasting guna mengurangi keasamannya, dan juga untuk mengeluarkan rasa pahit yang khas. Proses roasting relatif sederhana dan dapat dicapai dengan menggunakan peralatan yang dirancang secara khusus. Produk akhir akan tergantung pada seberapa tepat langkah-langkah yang diikuti serta kualitas biji hijau. Ada juga proses pembuatan kopi hijau yang tanpa roasting pemanggangan.

Biji kopi harus di-roasting dengan panas tinggi. Sangat penting untuk membolak-balik biji secara terus-menerus. Jika mereka didiamkan dalam waktu yang lama, mereka akan hangus dan kopi tak dapat diminum berbeda dengan cara diatas kopi hijau tanpa pemanggangan roasted. Jadi saya sendiri masih bingung cara mana yang paling benar dan tepat untuk cara bikin kopi hijau sendiri.

Metode fluid air bed adalah metode paling sederhana untuk me-roasting kopi di rumah, tetapi membutuhkan mesin yang mahal. Temperatur mesin di-setting dan mesin akan terus berputar saat me-roasting biji kopi secara otomatis.
http://bacakuliner.blogspot.co.id/2016/10/nikmat-dan-khasiat-kopi-ijo-tulungagung.html


Bagi mereka yang lebih menyukai cara yang lebih murah, mesin popcorn untuk di atas kompor adalah alternatif yang baik. Dengan terus memutar engkol mesin, akan didapat kopi roasting yang lebih baik dibandingkan metode di atas kompor lainnya. Dengan metode ini, biji kopi hijau di-roasting dalam waktu sekitar 10 menit, sehingga pekerjaan ini tidak terlalu memberatkan.

Bagi mereka yang memiliki, oven konveksi adalah pilihan lain yang bisa dipakai. Biji harus di-roasting dalam oven konveksi sekitar 20 menit. Mereka harus ditempatkan dalam loyang berlubang, dan biji harus dibolak-balik beberapa kali selama proses tersebut.

Meskipun mungkin lebih mudah untuk membeli biji yang sudah di-roasting, produk seperti ini hanya dapat mempertahankan rasa optimal dalam waktu kurang dari seminggu. Biji kopi hijau mudah untuk ditransport dan dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa kehilangan kualitas. Untuk pecinta kopi sejati, me-roasting kopi di rumah akan menghasilkan bayaran sepadan dari usaha yang dilakukan, rasa luar biasa yang ditawarkan oleh biji roasting segar. Selain itu, gula alami dari biji kopi hijau yang terkalamelisasi selama proses roasting akan memberikan kontribusi rasa yang halus dan kaya.
Banyak produk kopi hijau yang bisa Anda dapatkan di supermarket atau bisa juga membelinya lewat online, harganya pun macam-macam, jika anda ingin membuatnya sendiri pun cukup mudah, berikut cara membuat minuman ekstrak kopi hijau untuk menurunkan berat badan.
Bahan yang harus disiapkan adalah kopi hijau, anda bisa membelinya biji kopi yang kering bukan yang di sangrai.
Pertama cuci dengan cepat kopi hijau dan bilas jangan di gosok karena akan menghilangkan nutrisi yang terdapat pada kulit luar kopi hijau
1 Ukuran penyampuran perebusan  yaitu dengan perbandingan  1:3 jika Anda menyediakan  1 gelas kopi hijau maka takaran airnya adalah 3 gelas,
lalu rebus dengan 3 gelas air dengan api besar selama 12 menit sampai mendidih, disini Anda bisa atur perebusan dengan timer selama 12 menit, jangan lupa sesekali Anda aduk untuk hasil perebusan yang maksimal, setelah mendidih.
Anda saring dan masukkan air hasil perebusan ke gelas atau wadah kaca, lalu simpan di kulkas, bahan ini bertahan sampai satu minggu kedepan.
Bahan yang perlu disiapkan adalah: 2 sendok perasan jeruk nipis, 5 lembar daun mint segar, 1 sendok sirup atau gula tebu, bisa juga madu.Ambil rebusan kopi hijau dengan takaran 1 gelas dan campur dengan bahan tambahan diatas,Terima Kasih.!

2 comments:

  1. Kopi Ijo sama Kopi Hijau itu jelas beda ya!

    ReplyDelete
  2. Blog keren.
    Jika butuh motor hubungi kami gan.
    www.guskecil.top

    ReplyDelete

Created By Baca Kuliner
Back to top